Pilih menu "FOTO-VIDEO" untuk melihat Koleksi Video & Foto di masa lalu


PANDUAN KHOTBAH MINGGU - 20 Agustus 2017

Tuhanlah Hartaku

( Lukas 12 : 13 - 21 )

Bukanlah hal yang salah bila kita mencari dan mengumpulkan harta, sebab kita memang memerlukannya untuk mencukupi kebutuhan dasar penghidupan, seperti sandang, pangan dan pagan. Namun demikian, bukan pula hal yang benar bila hidup kita sepenuhnya difokuskan hanya untuk terus mencari, bahkan menimbun harta kekayaan, apalagi dimaksudkan hanya untuk diri sendiri.

Teks Lukas 12: 13-21 awalnya memperlihatkan seseorang di antara orang banyak yang ingin meminta bantuan Yesus mengenai perkara warisan dengan saudaranya. Yesus menolak permintaan tersebut, karena la memahami bahwa permasalahan warisan tersebut agaknya bersumber dari ketamakan dan keegoisan diri. Yesus justru memaparkan sebuah perumpamaan tentang kemahakuasaan Allah melebihi harta. Yesus menggambarkan seorang kaya yang melibatkan diri dalam usaha menimbun kekayaan sampai tidak memikirkan Tuhan dan keselamatannya sendiri. Keterlibatannya yang penuh dalam mencari harta duniawi, menghantarnya pula pada sikap cinta harta dan cinta diri, tergambar melalui kata "aku" dan "ku" secara berulang. Kebodohan si kaya semakin jelas terlihat dari keyakinannya bahwa hidupnya telah pasti, is lupa bahwa Tuhan memiliki kuasa atas jiwanya.

Teks bacaan ini sebenarnya memperlihatkan bahwa ketamakan dan cinta harta dapat mendorong orang mengabaikan saudara, terhanyut dalam cinta diri, dan menjauhkan diri dari Allah. Padahal kepenuhan hidup dari manusia tidak terletak pada kelimpahan harta kekayaan yang dimilikinya, melainkan pada kualitas relasi dengan Allah. Jika terus menjadikan harta sebagai fokus hidup, tidak ada kepuasan yang ditawarkan olehnya. Demikian peribahasa Romawi berkata: "Uang adalah sebagai air laut: makin diminum, makin haus orang."

(Dewi Komalasari)


 

KERJASAMA GEREJA KRISTUS BOGOR - RS MELANIA

 

Terhitung tgl. 16 Februari 2015 Gereja Kristus Bogor dan RS Melania telah menjalin kerjasama dalam bentuk Rawat Jalan dan Rawat Inap bagi Anggota Gereja Kristus Bogor, adapun syarat-syarat sbb.

 

1. Discount Rawat Jalan sebesar 5% di luar obat-obatan.

2. Discount Rawat Inap sebesar 10% untuk : Kamar Perawatan, laboratorium, Rontgen.

3. Menunjukkan KARTU TANDA ANGGOTA GEREJA KRISTUS BOGOR pada saat pembayaran.

 

BINA JEMAAT

 

IBADAH DAN PERANAN  PADUAN SUARA DALAM KEBAKTIAN

     IBADAH. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia: "kata ibadah/ibadat adalah perbuatan yang merupakan wujud rasa bakti kepada Tuhan". Sedangkan kata ibadah dalam Alkitab memiliki pengertian yang sangat luas, namun konsep dasarnya adalah pelayanan. Khusus dalam Perjanjian Baru memakai kata liturgy untuk ibadah atau kebaktian kepada Tuhan (Kis. 13:2). Ibadat yang dilakukan di dalam Sinagoge / Bait Allah / Gereja, yang terdiri dari berdoa, menyanyi dan mendengarkan firman Tuhan, tidak dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Jadi, ibadah bukan hanya terbatas pada upacara-upacara tertentu, tetapi juga seluruh kehidupan kita perlu dipersembahkan kepada Tuhan. Karena itulah ibadah yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada-Nya. Di dalam ibadah yang dilakukan di dalam rumah Tuhan atau Gereja, Allah Yang Mahakudus hadir, menjumpai dan menyapa umat-Nya yang berdosa meialui firman-Nya. Oleh karena Allah hadir di dalam ibadah jemaat, maka ibadah itu harus berlangsung dengan khusyuk, khidmat, tertib dan teratur.

 

Di dalam ibadah atau kebaktian umat menyambut kehadiran Tuhan, misalnya dengan menyanyikan nyanyian untuk memuliakan dan memasyurkan nama-Nya. Alkitab berkata :

"Bernyanyilah bagi Tuhan, hai segenap bumi, kabarkanlab keselamatan yang dari padaNya dari hari ke hari. Ceritakanlah kemuliaanNya di antara bangsa-bangsa dan perbuatan-perbuatanNya yang ajaib di antara segala suku bangsa" (1 Tawarikh 16:23). Dengan demikian nyanyian

merupakan salah cara untuk mengungkapkan karya keselamatan Allah, sehingga nyanyian bukan sekedar untuk menggembirakan dan memuaskan kebutuhan rohani diri kita sendiri, tetapi meialui nyanyian kita memuji dan mengagungkan Tuhan sebagai kesaksian irnan kita kepada dunia dan sesama kita.

 

     FUNGSI PADUAN SUARA. Dalam melaksanakan kebaktian, Paduan Suara merupakan kelompok pujian yang sangat penting dan integral (tidak bisa dipisahkan) dalam suatu ibadah. Di dalam suatu ibadah Paduan Suara yang hadir dan menyanyian berbagai pujian dalam suatu kebaktian, pada hakikatnya untuk memuliakan nama Tuhan. Muara pelayanan paduan suara ialah kebaktian umat, bukan dirinya. Paduan suara bernyanyi bersama umat untuk menyaksikan dan memberitakan karya besar yang Allah telah buat, melalui nyanyian jemaat. Sedangkan fungsi paduan suara dalam melayankan liturgi, yaitu :

  • Pertama, Membimbing umat menyanyi secara balk. Paduan suara menyanyikan (= mengungkapkan) perasaan-perasaan yang dalam, yang tidak dapat diungkapkan oleh Jemaat. Paduan suara mempersembahkan suaranya untuk pelayanan Jemaat. Ada permohonan yang begitu mesra, sorak-sorai yang begitu meluap-luap, puji-pujian yang begitu agung, yang kita sadari dan yang kita mau lahirkan

    (= ungkapkan), tetapi yang tidak dapat kita lakukan. Dalam hal-hal yang demikian umat-Nya ditolong oleh paduan suara.

  • Kedua, Memperkenalkan nyanyian-nyanyian baru. Pada gilirannya, nyanyian-nyanyian baru tersebut sanggup dinyanyikan oleh umat. Misalnya nyanyian dari khazanah Musik Gereja Asia, termasuk Indonesia, bahkan daerah di mana gereja itu berada.

  • Ketiga, Unsur pemberitaan dan kesaksian Injil melalui nyanyian mendapat tekanan. Bahwasanya ada yang selalu baru sebagai sentuhan Allah kepada umat-Nya untuk menjadi saksi-Nya di tengahtengah dunia ini. Jadi di dalam ibadah Paduan Suara memiliki peran dan tanggungjawab besar dan mulia. Namun di atas semua itu, sebagai pelayan Tuhan harus menampakkan sikap rendah hati, dengan tidak mencari hormat dan pujian atas pelayanan yang telah diberikan, karena hanya Tuhan saja yang patut menerima hormat dan pujian.

 

BULETIN ROHANI BULANAN DALAM BAHASA BELANDA DAN BAHASA INGGRIS

TERSEDIA DI KOLPORTASE GEREJA KRISTUS BOGOR

(Gratis - Persediaan Terbatas)

 

Dapat dibaca Online - Website :  http://www.herold-schriftenmission.de/nl/cms/


Balai Pengobatan Pelangi Kasih - Jln. Siliwangi 64, Bogor 16142

(Buka : Senin - Jum'at Jam 08.00 - 15.00; Sabtu Jam : 08.00 - 12.00)

Pelayanan :

- Klinik Umum

Klinik KIA (Kesehatan Ibu & Anak) :

 

 

- Pap Smear

- Klinik Gigi

- Pemeriksaan Ibu Hamil

- Laboratorium (Pagi)

- Imunisasi

JADWAL DOKTER GIGI (MEI 2013)

  SENIN SELASA RABU KAMIS JUM'AT SABTU

08.00 - 15.00

 

Drg. Desi

Drg. Sorta

Drg. Desi

Drg. Sorta

 

08.00 - 12.00

Drg. Wati

 

 

 

 

Drg. Desi

13.00 - 15.00

Drg. Sorta

 

 

 

 

 

 

MEMPERINGATI HARI ULANG TAHUN KE-75

GEREJA KRISTUS BOGOR - 27 DESEMBER 2010

* KOLEKSI FILM KENANGAN GEREJA KRISTUS BOGOR (YOU TUBE)

* BUKU PERINGATAN HUT-75 ( EDISI CETAK / DIPERBAIKI )

webmaster@gkbogor.org

 

 


Webmaster Gereja Kristus Bogor